FORUM KIMIA UGM
Berita terbaru:
"Sebentar lagi akan diadakan PEMIRA KMK untuk memilih ketua KMK 35 pada tangggal 5-7 Desember. jangan lupa Coblos sesuai hati nurani"

FORUM KIMIA UGM

Tempat berkumpulnya Mahasiswa, Alumni dan Dosen KIMIA FMIPA UGM
 
IndeksFAQPencarianAnggotaPendaftaranLogin
SELAMAT DATANG DI FORUM KIMIA UGM

Share | 
 

 menikah, berat atau ringan???

Go down 
PengirimMessage
aya.cahyo
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Jumlah posting : 179

PostSubyek: menikah, berat atau ringan???   Tue Dec 14, 2010 11:13 am

MENIKAH bagai sebuah oase, menawarkan keindahan namun saat didekati ternyata hanya indah sesaat. Bahkan sebuah guyon tempo dulu begitu melekat di masyarakat, "menikah itu enaknya lima persen, tapi 95 persen sisanya uenaaaakk tenaaaan.."

Tak terlepas juga hal ini terjadi pada pernikahan muda usia. Meski ada juga yang sukses menjalaninya, namun bukan berarti hubungan yang dijalani mulus-mulus saja.

Meski dianggap belum 'ndholor' (dewasa, red), karena dianggap memutuskan menikah hanya karena emosi sesaat, namun secara hukum, pasangan berusia 17-23 tahun sudah diperbolehkan menikah.

Di Indonesia sendiri, menurut psikolog Kasandra Putranto, masyarakatnya memiliki kecenderungan menikah muda. Bahkan 'tren' ini sempat merebak di kisaran usia akhir 20-an.

"Memang ada satu masa dulu orang menikah sekitar umur 18-an, kemudian mundur 20, 22, 24, 26, 28, sampai bahkan 30-an menjadi tren. Nah, tapi kemudian balik lagi nih, ke usia 20 awal," ujarnya.

Ya, menikah muda adalah impian hampir semua orang. Ada sebuah keinginan kelak menjadi 'teman gaul' bagi anak-anaknya saat beranjak dewasa. Tak ditakuti sebagai orang tua, tetapi disegani sebagai 'kakak' yang bijak. Bahkan ada juga yang merasa sudah puas berpacaran dan siap mengikat hubungan ke arah yang lebih serius.

Namun, niat menikah saja tidak cukup, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Kesiapan mental, ekonomi, pendidikan belum lagi menghadapi friksi atau konflik dengan keluarga besar pasti dialami dan itu bisa saja terjadi dan harus dihadapi pada usia yang masih labil.

Nah, bagi Anda yang berniat menikah muda, ada beberapa hal menurut Kasandra, seperti dilansir CyberNews, yang perlu diketahui:

1. Alasan menikah
Di Indonesia, umumnya ada dua alasan besar seseorang memutuskan menikah muda. Pertama, karena hamil di luar nikah saat usia muda (atau istilah kerennya, Marriage by Accident), dan yang kedua, telah ada rencana jangka panjang yang disusun berdua. Misal, menginginkan usia anaknya tidak terlalu jauh dan berharap kelak saat pensiun, anaknya sudah beranjak dewasa.

Untuk alasan kedua ini, harus ada bekal kesiapan mental Anda dan pasangan yang dibarengi dengan kedewasaan dalam berpikir, bertindak dan memutuskan sesuatu. Jika Anda sudah mengambil keputusan tersebut, maka mulailah merencanakan tentang pernikahan. Bacalah referensi buku-buku pernikahan, tentang anak, self improvement dan sebagainya.

2. Membiayai hidup
Tanyakan pada diri sendiri, sudahkah Anda mampu membiayai keidupan rumah tangga Anda kelak? Karena setelah menikah, terasa tabu bila masih menggantungkan finansial kepada orangtua. Pernikahan membutuhkan uang untuk banyak post yang menunggu, mulai dari pengeluaran rumah tangga, apalagi jika sudah memiliki anak. Pikirkan berbagai biaya yang harus dipenuhi, mulai dari membeli susu, makan, hingga sekolah anak. Jika Anda sudah mampu mencukupinya, ini menjadi salah satu tanda Anda sudah dewasa dan siap untuk menikah.

3. Menahan ego
Tak jarang, konflik yang dihadapi pasangan yang menikah muda adalah masalah ego. Masih adanya kesenangan mementingkan diri sendiri, sehingga jika tidak bisa diatasi bisa menimbulkan konflik yang semakin meruncing diantara kedua belah pihak. Harus ada salah satu pihak yang bisa meredam ego, sehingga masalah tidak semakin membesar. Masalahnya, apakah Anda sudah mampu menahan ego untuk menghadapi orang yang egonya masih cukup besar seumur hidup Anda?

4. Mengenal diri pribadi dan pasangan
Artinya, ada saling mengenal pribadi antara Anda dan pasangan. Hal ini penting supaya ada kesiapan Anda menerima segala kelebihan dan kekurangan pasangan. Jadi, tak ada salahnya mengenali dirinya secara mendalam, agar Anda tak merasa salah pilih di kemudian hari.

5. Komitmen di awal pernikahan
Ada baiknya jika sebelum menikah terlebih dulu membuat perjanjian pra nikah. Perjanjian ini tak hanya menyoal masalah keuangan, tetapi juga msalah lain. Misal, komitmen masalah anak, tentang pengurusannya kelak, juga tentang ijinnya apakah Anda kelak masih boleh bekerja setelah punya anak. Semuanya harus jelas di awal, agar tidak menimbulkan masalah besar dalam rumah tangga.


sory repost
baca baca baca baca
Kembali Ke Atas Go down
aya.cahyo
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Jumlah posting : 179

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Tue Dec 14, 2010 11:23 am

number uno..
Kembali Ke Atas Go down
ajoen
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Male Jumlah posting : 376
Lokasi : JOGJA

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Tue Dec 14, 2010 9:52 pm

waduh, durung wani mas tongue , eh Cool , ngomong2 mas kapan ma mbak pipe ? ye hihi
Kembali Ke Atas Go down
http://ajoen-online.blogspot.com/
Rooney0604
Mahasiswa Tahun Kedua
Mahasiswa Tahun Kedua


Male Jumlah posting : 68

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Wed Dec 15, 2010 6:50 pm

ajoen wrote:
waduh, durung wani mas tongue , eh Cool , ngomong2 mas kapan ma mbak pipe ? ye hihi

Aku nunggu km juga deh jun .. wkwkwkw ..
Kembali Ke Atas Go down
ajoen
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Male Jumlah posting : 376
Lokasi : JOGJA

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Wed Dec 15, 2010 9:03 pm

Rooney0604 wrote:

Aku nunggu km juga deh jun .. wkwkwkw ..

ha ? ngupil bisik
Kembali Ke Atas Go down
http://ajoen-online.blogspot.com/
rienz_arin
Asisten Lab Kimia Dasar
Asisten Lab Kimia Dasar
avatar

Female Jumlah posting : 103
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Thu Dec 16, 2010 11:07 am

Rooney0604 wrote:
ajoen wrote:
waduh, durung wani mas tongue , eh Cool , ngomong2 mas kapan ma mbak pipe ? ye hihi

Aku nunggu km juga deh jun .. wkwkwkw ..


nunggu dilamar ajun on???wkwkwkw ngakak 2
Kembali Ke Atas Go down
Luminous
Asisten Lab Kimia Dasar
Asisten Lab Kimia Dasar
avatar

Male Jumlah posting : 149
Lokasi : Kotagede, Yogyakarta

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Fri Dec 17, 2010 8:46 pm

Sad Sad Sad Sad Sad
Kembali Ke Atas Go down
ajoen
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Male Jumlah posting : 376
Lokasi : JOGJA

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Sat Dec 18, 2010 9:19 pm

Luminous wrote:
Sad Sad Sad Sad Sad

ngopo e kowe luminous ? Razz
Kembali Ke Atas Go down
http://ajoen-online.blogspot.com/
rienz_arin
Asisten Lab Kimia Dasar
Asisten Lab Kimia Dasar
avatar

Female Jumlah posting : 103
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Mon Dec 20, 2010 12:18 pm

Luminous wrote:
Sad Sad Sad Sad Sad

pingin ya???wkwkwkwk pd pd pd pd
Kembali Ke Atas Go down
Luminous
Asisten Lab Kimia Dasar
Asisten Lab Kimia Dasar
avatar

Male Jumlah posting : 149
Lokasi : Kotagede, Yogyakarta

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Mon Dec 20, 2010 1:00 pm

siapa sih yang nggak pengen nikah,,

Crying or Very sad Crying or Very sad Crying or Very sad

apalagi kalo udah ada calonnya,,

Embarassed Embarassed

tapi pasti pertamanya grogi abis tu,,

pale pale ehem ehem
Kembali Ke Atas Go down
ajoen
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Male Jumlah posting : 376
Lokasi : JOGJA

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Mon Dec 20, 2010 1:23 pm

Luminous wrote:
siapa sih yang nggak pengen nikah,,

Crying or Very sad Crying or Very sad Crying or Very sad

apalagi kalo udah ada calonnya,,

Embarassed Embarassed

tapi pasti pertamanya grogi abis tu,,

pale pale ehem ehem

waaaa galang sudah menjurus ni ehem
Kembali Ke Atas Go down
http://ajoen-online.blogspot.com/
aya.cahyo
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Jumlah posting : 179

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Tue Dec 21, 2010 9:30 am

ajoen wrote:
waduh, durung wani mas tongue , eh Cool , ngomong2 mas kapan ma mbak pipe ? ye hihi

doakan sajah ya.... Crying or Very sad Crying or Very sad
Kembali Ke Atas Go down
ajoen
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Male Jumlah posting : 376
Lokasi : JOGJA

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Tue Dec 21, 2010 9:46 pm

aya.cahyo wrote:


doakan sajah ya.... Crying or Very sad Crying or Very sad

ok Very Happy meow
Kembali Ke Atas Go down
http://ajoen-online.blogspot.com/
aya.cahyo
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Jumlah posting : 179

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Thu Dec 23, 2010 10:28 am

ajoen wrote:
aya.cahyo wrote:


doakan sajah ya.... Crying or Very sad Crying or Very sad

ok Very Happy meow

kwe sing istiqomah lho jun hayo
No No No
Kembali Ke Atas Go down
ajoen
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Male Jumlah posting : 376
Lokasi : JOGJA

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Thu Dec 23, 2010 3:20 pm

aya.cahyo wrote:


kwe sing istiqomah lho jun hayo
No No No

aku SUSIS kok mas. suami istiqomah ganteng
Kembali Ke Atas Go down
http://ajoen-online.blogspot.com/
rienz_arin
Asisten Lab Kimia Dasar
Asisten Lab Kimia Dasar
avatar

Female Jumlah posting : 103
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Sat Dec 25, 2010 12:22 pm

ajoen wrote:
aya.cahyo wrote:


kwe sing istiqomah lho jun hayo
No No No

aku SUSIS kok mas. suami istiqomah ganteng

???
Kembali Ke Atas Go down
aya.cahyo
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Jumlah posting : 179

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Fri Dec 31, 2010 11:30 am

ajoen wrote:
aya.cahyo wrote:


kwe sing istiqomah lho jun hayo
No No No

aku SUSIS kok mas. suami istiqomah ganteng

hahaah..bagus2.... Cool Cool Cool
Kembali Ke Atas Go down
aya.cahyo
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Jumlah posting : 179

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Fri Dec 31, 2010 11:31 am

minuous ki emang koyo ngono..hahaha
Very Happy Very Happy

tapi denger2 dia lagi cari anak SMP...haha bisik bisik bisik bisik bisik

pantat pantat pantat
Kembali Ke Atas Go down
ajoen
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Male Jumlah posting : 376
Lokasi : JOGJA

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Fri Dec 31, 2010 2:42 pm

aya.cahyo wrote:
minuous ki emang koyo ngono..hahaha
Very Happy Very Happy

tapi denger2 dia lagi cari anak SMP...haha bisik bisik bisik bisik bisik

pantat pantat pantat

Shocked
affraid

astaga galang bisik
Kembali Ke Atas Go down
http://ajoen-online.blogspot.com/
aya.cahyo
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Jumlah posting : 179

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Fri Jan 07, 2011 10:46 am

ajoen wrote:
aya.cahyo wrote:
minuous ki emang koyo ngono..hahaha
Very Happy Very Happy

tapi denger2 dia lagi cari anak SMP...haha bisik bisik bisik bisik bisik

pantat pantat pantat

Shocked
affraid

astaga galang bisik

braniya cari daun muda.. pantat pantat pantat
Kembali Ke Atas Go down
anugrah_rhzky
Mahasiswa Tahun Pertama
Mahasiswa Tahun Pertama
avatar

Male Jumlah posting : 33
Lokasi : yogyakarta

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Fri Jan 07, 2011 2:32 pm

haahaha... kasian galang....

galang ki wanine wedi nek karo cewek... wkwkwk
Kembali Ke Atas Go down
aya.cahyo
- Moderator -
- Moderator -
avatar

Jumlah posting : 179

PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   Mon Jan 10, 2011 11:35 am

anugrah_rhzky wrote:
haahaha... kasian galang....

galang ki wanine wedi nek karo cewek... wkwkwk
stuju.... pd pd pd
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: menikah, berat atau ringan???   

Kembali Ke Atas Go down
 
menikah, berat atau ringan???
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» All About AKRAPOVIC exhaust (merged thread)
» VELG RINGAN
» ER-6n ---------------- atau ----------------ER-6F ????????
» cdi atau knalpot?
» kebanyakan oli bisa membuat motor berat buktinya di hasil dyno turun 2dk

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FORUM KIMIA UGM :: YUK NGOBROL :: NGOBROL-
Navigasi: